Spread the love

Popularitas mata uang digital atau cryptocurrency beberapa tahun terakhir mendapatkan banyak sekali perhatian publik. Anda mungkin juga mengetahui bahwa saat ini masyarakat berlomba-lomba untuk berinvestasi menyimpan uang digitalnya. Ya, seperti yang diketahui saat ini segalanya sudah dilakukan secara digital termasuk dalam pembayaran atau transaksi.

Kini Anda pasti sudah tidak asing lagi melakukan pembayaran dengan e-cash atau uang elektronik. Saat ini tidak hanya di toko-toko besar saja Anda dapat bertransaksi dengan e-cash di warung kecil pun kini Anda bisa bertransaksi menggunakan e-cash.

Hal ini tentu menunjukkan bahwa teknologi sudah berkembang sangat pesat sekali. Cikal bakal mata uang digital ternyata sudah ada sejak tahun 1983an loh. Berkaitan dengan itu, Anda juga perlu mengetahui apa itu teknologi blokchain.

Pengertian Blockchain dan Perbedaannya Dengan Cryptocurrency

Blockchain merupakan sebuah sistem teknologi yang berperan dibalik mata uang digital atau cryptocurrency yang sering Anda dengar. Jadi blockchain inilah yang mengatur serta mengelola data transaksi pada mata uang digital seperti Bitcoin atau lainnya.

Jadi seperti halnya lembaga perbankan yang menjadi pihak ketiga yang bisa mengatur dan mengontrol transaksi yang dilakukan secara tunai, sistem blockchain ini berperan dibalik cryptocurrency. Hanya saja perbedaannya dengan bank, sesuai dengan namanya “block” sistem teknologi ini tidak terpusat dimana sifat transaksinya berlangsung terbuka dan bebas.

Jadi sistem transaksi yang dilakukan user-to-user. Berbicara tentang blockchain dan cryptocurrency lalu apa perbedaannya dari kedua istilah ini?

Criptocurrency yang sering Anda dengar ini merupakan sebuah sistem mata uang digital dengan menggunakan kriptografi sebagai pengamanan transaksi keuangannya. Perlu diketahui juga bahwa mata uang ini hanya berlaku di komputer karena tidak tersedia secara fisik seperti berbentuk koin atau uang tunai lainnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan blockchain yaitu aset digital kripto inilah yang dibangun dengan menggunakan teknologi blockchain. Ya, jadi blockchain ini adalah sebuah teknologi yang dipakai dalam penyimpanan data digital yang terhubung dengan kriptografi. Setelah mengetahui arti keduanya, kini Anda sudah tahu bukan bahwa keduanya sangat berbeda namun saling berkaitan.

Keunggulan Teknologi Blockchain

Setidaknya ada beberapa keunggulan dari teknologi blockchain ini dan berikut diantaranya.

Transaksi dilakukan secara transparan

Keunggulan dari teknologi blockchain ini yang pertama yaitu transaksinya dilakukan secara transparan. Hal ini karena teknologi yang digunakan mampu untuk menyimpan data transaksi dengan aman dan juga transparan.

Sesuai dengan yang disebutkan tadi bahwa sistem teknologi ini sifatnya terbuka dan bebas sehingga ketika Anda melakukan sebuah transaksi maka transaksinya akan secara transparan bisa dilihat semua orang meskipun harus login karena akses bersifat public access.

Baca juga : Keuntungan Pemanfaatan Teknologi Di Era Digital

Adanya proteksi data yang baik

Meski transaksinya dapat dilihat semua orang atau transparan yang mungkin sedikit membuat Anda ragu meskipun sudah ditekankan menggunakan teknologi yang aman. Namun Anda tidak perlu ragu karena keunggulan selanjutnya yaitu adanya proteksi data yang baik. Ya, jadi meskipun bisa dilihat semua orang namun tidak sembarangan orang bisa mengubah data ataupun melakukan pengambilan transaksi dengan akun Anda.

Alasannya karena saat perlu adanya verifikasi untuk para penambang atau miner sebutannya pada mata uang kripto ini sebelum melakukan eksekusi. Selain itu struktur pada database ini sifatnya adalah append only yaitu hanya pemilik aslinya saja yang bisa menambahkan dan tidak bisa dilakukan oleh orang lain yang meminta akses perintah edit.

Lebih efisien

Mata uang digital tentu sifatnya lebih efisien dibandingkan mata uang konvensional. Hal tersebut karena teknologi yang digunakan pada mata uang digital ini yaitu blockchain dinilai lebih efisien karena terhindar dari adanya faktor kealahan yang dilakukan oleh manusia.

Memiliki keamanan yang terjamin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat sistem verifikasi untuk eksekusinya yang membuktikan bahwa teknologi blockchain ini memiliki keamanan yang terjamin. Selain itu adanya keunggulan enkripsi ini juga semakin mendukung keamanan yang dimiliki blockchain. Dengan adanya enkripsi ini bertujuan untuk menimimalisir terjadinya tindak penipuan.

Sistem audit lebih baik

Selanjutnya berkaitan dengan transaksi yang bersifat transparan dan terbuka memungkinkan semua orang bisa melihat ataupun melakukan tracking terhadap data transaksi tersebut. Hal ini tentu bisa dilakukan untuk mengetahui jejak audit pada sebuah aset. Dengan sistem audit yang lebih baik ini memungkinkan tidak adanya potensi dalam melakukan penggelapan dana korupsi.

Itulah beberapa informasi tentang blockchain, dari berbagai keunggulan yang dimiliki blockchain ini dinilai sebagai teknologi baru mampu mengubah dunia karena mempunyai daya tarik tersendiri pada penggunanya. Salah satu contohnya yaitu menawarkan adanya kestabilan.

Seperti yang diketahui bahwa adanya inflasi membuat ketidakstabilan yang dialami mata uang fiat. Nah dengan menggunakan teknologi ini, inflasi bisa dihindari karena aset kripto memiliki kemampuan tahan terhadap inflasi.