Spread the love

Berbagai inovasi kini dapat dimanfaatkan sebagai pengaruh dari perkembangan teknologi yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Dulu pasti Anda tidak menyangka bahwa pembayaran listrik dan PDAM yang dilakukan dengan mengantri atau berdesak-desakan kini berubah hanya dengan sekali klik melalui ponsel Anda. Tidak hanya itu saja saat ini segala transaksi administratif yang dulunya dilakukan di bank kini juga bisa dilakukan melalui ponsel pintar Anda.

Berbagai Fitur yang Bisa Dimanfaatkan Pada Mobile Banking

Tidak bisa dipungkiri jika penggunaan mobile banking atau m-banking benar-benar sangat memudahkan kita dan berikut adalah beberapa fitur m-banking yang bisa dimanfaatkan oleh Anda.

Mengirim uang

Fitur utama mobile banking yang bisa Anda gunakan yaitu mengirim uang atau transfer. Jika biasanya dalam mentransfer uang Anda perlu menuju ke bank ataupun ke ATM, kini hanya melalui ponsel Anda bisa mengirim uang kemanapun Anda mau. Kini Anda bisa mengirim uang ke sesama bank, antar bank ataupun melakukan pengisian dompet digital yang Anda miliki.

Namun untuk bisa memanfaatkan mobile banking ini, sebelumnya Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Beberapa bank ada yang memungkinkan Anda memiliki m-banking tanpa harus pergi ke bank. Meski demikian beberapa bank masih ada yang mengharuskan nasabah mengurusnya ke bank karena terdapat beberapa hal yang hanya bisa diisikan oleh pihak bank itu sendiri.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena dalam membuat m-banking ini juga terdapat kemudahan yang tidak akan menyulitkan Anda.

Reksadana dan Obligasi

Fitur selanjutnya yang pasti ditunggu-tunggu oleh para investor yaitu adanya fitur untuk reksadana ataupun obligasi. Kini untuk bisa berinvestasi hanya dalam sentuhan jari saja bisa Anda lakukan melalui ponsel tanpa harus menuju ke ATM ataupun ke bank. Layanan yang bisa Anda gunakan pada fitur ini yaitu jual beli reksadana ataupun obligasi kapan pun dan dimanapun.

Baca juga : Mengenal Blockchain, Teknologi yang Berperan Dibalik Cryptocurrency

Membuka tabungan

Fitur tercanggih selanjutnya yaitu Anda juga bisa membuka tabungan baru loh. Jika biasanya dalam mengurus keperluan administrasi ini Anda harus menuju ke bank, kini Anda bisa mendaftarnya hanya melalui m-banking saja.

Namun pastinya Anda harus mempersiapkan berbagai persyaratan dokumen tersebut secara lengkap. Tidak hanya tabungan saja, namun Anda juga bisa membuka deposito, giro ataupun mengajukan kartu kredit.

Melihat saldo dan mutasi

Jika dulu untuk bisa melihat saldo terkini atau mutasi rekening harus Anda lakukan dengan mencetak buku tabungan yang bisa dilakukan hanya di bank. Tanpa perlu repot, kini Anda bisa hanya dengan login ke m-banking saja untuk sekedar melihat saldo terkini ataupun melihat mutasi sampai 12 bulan lamanya.

Bahkan menariknya dalam log in ke m-banking ini juga mengalami perkembangan dimana kini untuk bisa login Anda tidak hanya melakukannya secara manual. Namun jika ponsel Anda sudah canggih, Anda bisa menggunakan face ID ataupun finger ID untuk bisa log in yang pastinya hanya tinggal sekali klik saja semuanya menjadi beres.

Nah, untuk mutasi ini tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi Anda yang menggunakan rekening ini untuk keperluan transaksi bisnis. Kini Anda bisa melihat pemasukan ataupun pengeluaran yang terjadi beberapa bulan terakhir hingga 12 bulan sebelumnya melalui m-banking lalu juga bisa Anda download sebagai buktinya.

Mengambil uang tanpa menggunakan kartu ATM

Fitur canggih selanjutnya adalah kini Anda bisa menarik uang di ATM tanpa menggunakan kartu ATM. Saat ini berbagai hal benar-benar bisa dilakukan secara digital, caranya pun sangatlah mudah. Jadi kini jika Anda ingin menarik uang namun kartu ATM Anda tertinggal atau hilang, Anda tidak perlu pergi ke bank hanya melalui ATM dan menggunakan fitur dari m-banking ini Anda bisa mengambil uang tanpa khawatir.

Namun perlu diingat bahwa Anda perlu menyiapkan nomor ponsel yang sudah terdaftar sebelumnya untuk memperoleh kode OTP yang bisa Anda gunakan untuk verifikasi bahwa yang melakukan pengambilan uang tersebut adalah Anda sendiri. Setelah memasukkan kode OTP tersebut ke mesin ATM maka Anda bisa menarik uang tersebut.

Keunggulan Digital Banking

Berikut ini adalah keunggulan dari digital banking yang perlu Anda ketahui.

Lebih efisien

Keunggulan dari digital banking yang akan Anda peroleh yaitu aktivitas perbankan Anda bisa dilalui lebih efisien. Hal tersebut karena semua urusan yang berkaitan dengan bank kini bisa terselesaikan dengan cepat meski tanpa keluar rumah.

Lebih hemat biaya

Selain itu keunggulan selanjutnya Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk proses transaksi karena tidak perlu keluar rumah untuk mengurusnya. Jika terdapat biaya administrasinya, pemotongan biayanya juga dinilai lebih hemat karena respons yang cepat dilakukan ini bisa membuat biaya transaksinya menjadi lebih rendah.

Lebih akurat

Keunggulan selanjutnya yaitu sistem operasinya lebih akurat dibandingkan dengan cara konvensional. Hal tersebut karena sistem perbankan digital ini terhindar dari kesalahan-kesalahan human error.