Spread the love

Zaman sekarang ini sudah memasuki yang namanya era digital dimana hampir di semua kegiatan dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan teknologi yang sangat canggih. Era digital merupakan sebuah kondisi perkembangan kemajuan ke arah kehidupan yang serba digital.

Dampak Positif Teknologi Bagi Kehidupan

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa segala aspek kehidupan ini memiliki dampak positif serta negatif bagi diri sendiri tidak terkecuali teknologi yang digunakan di era digital ini. Berikut akan dibahas beberapa dampak positif teknologi bagi kehidupan.

Bisa menghubungkan semua orang di seluruh dunia

Perkembangan teknologi memberikan dampak positif secara global di bidang komunikasi. Kini Anda bisa terhubung dengan semua orang dari segala penjuru dunia. Anda tidak lagi memiliki keterbatasan pada jarak karena untuk bisa berhubungan dengan orang lain dari mana pun bukanlah hal yang tidak mungkin.

Menariknya untuk bisa terhubung, prosesnya sangat cepat sekali hanya dalam hitungan detik saja. Selain itu untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, Anda tidak perlu memperhatikan tempat dan waktu karena kapan pun dan dimanapun Anda bisa leluasa untuk berkomunikasi hanya dengan bantuan internet saja.

Penyebaran informasi sangat cepat

Dampak positif selanjutnya yaitu penyebaran informasi yang sangat cepat, dahulu mungkin Anda hanya bisa mengandalkan surat kabar ataupun televisi saja untuk mengetahui informasi terkini. Saat ini dengan adanya internet, Anda bisa mendapatkan informasi secara cepat bahkan real time, sebelum masuk ke dalam berita di TV, Anda sudah bisa mengetahuinya lebih dulu dari internet.

Menariknya tidak hanya berita lokal saja namun berita dari belahan bumi mana pun bisa Anda akses dengan sangat mudah. Kecepatan inilah yang menjadi kekuatan pada era digital, karena dahulu Anda perlu menunggu beberapa hari sampai surat kabar tersebut terbit tentang berita terbaru. Kini Anda dapat secara langsung memperoleh informasi yang diinginkan hanya dalam hitungan detik melalui berbagai platform.

Baca juga : Bagaimana Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupan Kita?

Munculnya media sosial

Selanjutnya perkembangan teknologi komunikasi juga ditandai dengan adanya kemunculan media sosial. Kini rasanya tidak ada satu orang pun yang tidak memiliki akun media sosial, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah pernah setidaknya sekali menjajal menggunakan media sosial untuk berkomunikasi ataupun hanya sebagai media hiburan. Menariknya lagi kini media sosial tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja namun kini juga digunakan sebagai wadah untuk berbisnis.

Membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

Tidak hanya teknologi komunikasi dan informasi saja yang mengalami perkembangan, dengan kecanggihan teknologi di era digital ini juga membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran loh. Berbagai metode pembelajaran baru kini ditemukan dalam rangka mempermudah proses pembelajaran serta mengombinasi dengan perkembangan teknologi salah satunya dengan penggunaan e-learning.

Dampak Negatif Teknologi Bagi Kehidupan

Tidak hanya dampak positif saja yang bisa didapatkan dari perkembangan teknologi, namun jika Anda tidak pintar-pintar dalam menganalisis atau mengetahui pentingnya dampak yang diberikan ini Anda bisa terjebak pada dampak negatif yang diberikan. Lalu apa saja dampak negatif dari teknologi digital ini?

Pada artikel ini akan dibahas informasi dampak negatif yang dimiliki teknologi digital supaya Anda bisa lebih tahu dan memahami pentingnya dampak tersebut.

Memicu maraknya cyber crime

Dampak negatif yang pertama dari teknologi digital yaitu memicu maraknya cyber crime dan hal ini biasa ditemukan di bidang bisnis. Berbagai kejahatan kini perlu diwaspadai tidak hanya dalam kehidupan sosial saja namun di dunia digital kini juga mungkin terjadi. Berbagai penipuan dalam transaksi online kini marak terjadi, berbagai kejahatan lainnya seperti hacking atau carding juga sedang gencar terjadi.

Jadi berkembang pesatnya teknologi juga tidak menutup kemungkinan berkembang pesat juga tindak kejahatan. Oleh karena itu dalam melakukan transaksi apa pun teruslah berhati-hati dan waspada semua orang di sekitar Anda.

Pendidikan nirkarakter

Tujuan dari pendidikan dimanapun berada khususnya di Indonesia sendiri adalah membentuk peserta didik untuk menjadi insan yang berkarakter. Nyatanya tujuan ini bisa tercapai jika proses pembelajaran dilakukan secara luring atau tatap muka. Anda pasti setuju bukan bahwa pembelajaran dapat digantikan namun sosok pengajar tidak dapat terganti seiring dengan berjalannya waktu.

Jika dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh, pembelajaran tatap muka dinilai lebih efektif dan banyak yang lebih memilih pembelajaran dengan metode ini. Ya, jika dilakukan pembelajaran jarak jauh seterusnya maka ditakutkan pendidikan yang dihasilkan adalah pendidikan nirkarakter yang tidak bisa menghargai atau menghormati satu sama lain.

Memunculkan sifat malas dan hilang fokus

Tidak hanya pendidikan nirkarakter saja namun rasa malas dan hilang fokus juga menjadi dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi. Seperti yang diketahui, anak-anak zaman sekarang sangat malas sekali untuk pergi keluar dan hal yang dilakukan setiap harinya hanyalah berkutat pada hpnya.